Taman Batu Cijanun Purwakarta Wisata Air Paling Unik

Apa yang anda pikirkan saat mendengar taman batu? Banyak yang mengira tempat bermain yang banyak batunya bagaikan taman bunga. Tempat Wisata Purwakarta akan menjelaskan lengkap tentang Stone Garden Purwakarta atau taman batu Purwakarta. Adalah tempat wisata air yang berada di Cijanun Purwakarta. Aktifitas wisatawan yang biasa dilakukan di sana adalah mandi seperti dikebanyakan kolam renang.

Nama keren dari taman batu cijanun adalah Stone Garden, yang arti dalam bahasa Indonesianya sama yaitu Taman Batu.

Baca juga wisata Panenjoan Purwakarta

Sejarah Terbentuknya
Stone Garden adalah kolam pemandian yang airnya berasal dari mata air Cijanun, dimana dahulunya sumber mata air ini dijadikan PDAM untuk kebutuhan masyarakat baik kebutuhan sehari-hari maupun pengairan. Entah apa alasannya proyek PDAM ini dihentikan dan selanjutnya air yang mengalir ditampung di sebuah wadah berukuran 10 x 20 meter yang bernama kolam penampungan YANG sekarang menjadi sebuah nama Stone Garden Cijanun.

Baca juga Istora Jatiluhur Purwakarta

Sementara nama Stone Garden berasal dari keberadaan kolam renang ini yang memang berada diantara banyak bebatuan di sekitarnya. Maklum saja daerah ini berada di Kecamatan Bojong yang notabene sebagai daerah gugusan gunung Burangrang sangat identik dengan bebatuan dapat ditemukan hampir diberbagai pelosoknya.

Alamat Stone Garden Purwakarta
Wisata taman batu ini berada di Kampung Cijanun Lembangsari, desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Kecamatan Bojong berada di pinggiran kota Purwakarta yang terletak diantara dua kecamatan yaitu Kecamatan Wanayasa dan Kecamatan Darangdan. Kecamatan Bojong pada umumnya memiliki iklim yang dingin karena letak dan konturnya berada di pegunungan.

Baca juga Curug Cipurut Purwakarta

Rute Menuju Stone Garden
Dari pusat kota purwakarta menuju Wanayasa dari setelah anda menemukan Situ Wanayasa terus berjalan menuju, sekitar 1 Km setelah itu anda akan menemukan jalan cagak anda ambil lurus ke arah Sawit (Bojong). Dari sana anda terus berjalan sekitar 30 menit dan selanjutnya anda akan menemukan pertigaan kembali. Diantara pertigaan yang kedua anda akan menemukan Pasar Bojong, Kantor Kecamatan Bojong dan Polsek Bojong, nah, setelah Polsek Bojong selanjutnya ada pertigaan lagi ciri-cirinya di sebelah kiri ada indom***t, anda belok kanan saja. Setelah berjalan 10 menit anda akan menemukan pertigaan, belok kanan ke jalan yang lebih kecil. Selanjutnya anda akan menemukan pertigaan / jalan cagak yang di tengah-tengahnya sekolah SD, anda belok kiri saja (belokannya agak lurus). Selanjutnya anda jelan lurus terus dan Wisata Stone Garden berada di ujung jalan ini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk pada saat ini masih grtis namun tidak menutup kemungkinan suatu saat akan di tarif dengan harga yang tertentu.

Yang mungin anda harus bayar adalah biaya parkir dengan harga standar antara Rp. 1.000 atau Rp. 2.000.

Kondisi kolam
Kolam renangnya sendiri terdiri dari dua, satu paling atas yang memiliki kedalaman 1,5 meter. Biasanya yang paling atas untuk mandinya orang dewasa. Satu lagi di bawah, khusus untuk anak-anak dengan kedalaman 40 cm hingga 50 cm.

Khusus kolam untuk anak-anak ini harus ekstra hati-hat karena dasar kolamnya terbuat dari bebatuan dan tidak rata.

Waktu Kunjungan
Sebaiknya anda berkunjung di pagi hari karena jika anda sore hari saat anda pulang di malam perjalanan yang cukup sepi dan kurangnya penerangan jalan.

Bagaimana mau coba renang di Stone Garden Cijanun Purwakarta? Saya rekomendasikan anda wajib mengunjungi Wisata Air paling unik ini. Sekian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kolam Renang Tirta Harapan Munjuljaya Purwakarta

Kolam Renang Cek Tse Long Wanayasa Purwakarta

Tempat Wisata Ziarah di Purwakarta Yang Wajib Dikunjungi