Gunung Lembu Purwakarta, Pemandangan Alam Yang Wonderfull

Gunung Lembu Purwakarta
Pernah naik gunung? Jika belum, coba yang satu ini. Blog Tempat Wisata Purwakarta kali ini akan bahas wisata adventure yang recommended yaitu pendakian Gunung Lembu Purwakarta. Kenapa? karena medannya tidak terlalu menyulitkan dibanding gunung yang lainnya. Semudah dan seberat apa mendaki di Gunung Lembu? Baca sampai tuntas.


Alamat Gunung Lembu
Wisata Adventure Gunung Lembu berada di Kampung Panunggal, RT.06 RW 03, Ds. Panyindangan, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Rute Menuju Gunung Lembu
Keluar gerbang tol Jatiluhur (exit) belok kanan menuju ke jalan Purwakarta -Bandung sebelum terlalu jauh jangan sampai kelewat. Yang akan anda temukan 2 Pom Bensin yaitu di Citapen sebelah kiri, Pom bensin Gunung Putri sebelah kanan, terus berjalan anda akan menemukan kantor desa Sukatani sebelah kiri, Bendul (yang banyak jualan peyeum), Pasar Anyar sebelah Kanan, terus turunan sekiar 100 meter dari pasar Anyar ada belokan ke kanan ditandai dengan patung 2 jari Peace.

Anda akan berjalan di jalan yang rusak parah, melewati rel kereta api. Terus hingga menemukan jalan cagak ke kanan jalan yang rusak, ambil ke kiri (agak lurus) jalan mulus. Lurus saja hingga tujuan.

Jarak dari keluar tol Jatiluhur hingga lokasi sekitar 31 Km. dengan rincian dari Tol Jatiluhur ke belokan Sukatani 7,5 Km, dari belokan sukatani hingga Gunung Lembu sekitar 13,6 Km. Waktu tempuh kira-kira 1 Jam.

Lokasi Gunung Lembu berada setelah Gunung Parang.

Baca juga, Hootel Gantung Tertinggi Di Dunia Ada Ada Di Purwakarta.

Perjalanan menuju puncak
Pertama kali parkir di tempat yang sudah disediakan (jika menggunakan kendaraan pribadi). Tarif parkir Rp. 5.000/satu malam.

Daftarkan dulu diri anda dulu di tempat pendaftaran, plus anda bayar Rp. 10.000/per orang sebagai TIKET MASUK GUNUNG LEMBU. Selenjutnya memasuki kawasan pendakian yang dimulai dengan Gapura Gunung Lembu.

Seusai melewati gapura kontur jalan sudah mulai menanjak lumayan extreme dengan kemiringan 45 derajat, terus berjalan anda akan menemukan pertigaan ke kanan menuju Saung Ceria dan tempat mendirikan tenda, saya sarankan jangan mendirikan tenda di sana karena ke puncak lumayan masih cukup jauh. Belok ke kiri saja menuju Pos 1. Di pos 1 anda akan menemukan pelataran yang datar. Jika dirasa capek, beristirahatlah sejenak di saung sebuah warung sembari menikmati angin sepoi-sepoi.

Lanjut menuju Pos 2, perjalanan tidak terlalu extreme seperti pertama kali. Di pos ke 2 terdapat pelataran dan warung. Istirahatlah di sana jika dirasa capek.

Lanjut menuju pos 3 (puncak) kondisi tanjakan sudah mulai aman, tidak terlalu miring. Tantangannya adalah perjalanan melewati jalan setapak yang di sisi kanan kiri jurang yang curam hingga ke puncak sebagai pos 3. Di pos 3 juga terdapat warung, jadi gak usah khawatir jika kehabisan bekal. Untuk makanan dan minuman gak terlalu mahal kok.

Perjalanan yang cukup melelahkan bisa di tempuh 2 hingga 3 jam sampai ke puncaknya. Namun sesampainya di puncak capek yang dirasa saat mendaki, terbayar dengan keidahan panorama yang di dapat saat sampai pada ujung perjalanan.

Anda akan melihat hamparan danau Jati luhur yang luas mata memandang yang di hiasi oleh gunung-gunung di sampingnya yaitu GUNUNG PARANG dan Gunung Bongkok.

Selanjutnya jika anda akan ngecamp di sana sebaiknya turun lagi ke depan sekitar 5 menit ke sebuah pelataran yang dinamakan PUNUK LEMBU, dalam bahasa sunda punduk sapi. Disanalah tempat favorit para pendaki untuk berkemah. Tapi jika tempat sudah penuh maka terpaksa berkemah di puncak saja.

Punduk Lembu
Seiring dengan namanya tempat ini sangat mirip dengan punuk lembu (sejenis sapi hutan), disanalah spot foto paling keren, dimana tempat tersebut menjorok ke tepi/sisi gunung, jika anda berfoto di sana maka yang jadi backgroundnya adalah pemandangan danau Jatiluhur dan Gunung.
Gunung Lembu Purwakarta
Saat malam hal yang indah adalah melihat cahaya-cahaya yang ada di Waduk Jatiluhur dari lampu yang ada di keramba-keramba kolam dan rumah apung yang bagaikan city-light. Ditambah bintang yang berkelip di langit menambah keindahan pesona malam di Gunung Lembu.

Di pagi hari jangan lupa untuk bangun sholat subuh dan setelahnya siap lagi nongkrong di Punuk Lembu untuk menyaksikan sunrise yang muncul diantara air jatiluhur dan gunung-gunung.

Fasilitas
Fasilitas yang ada di sekitaran gunung lembu antara lain:
- Area Parkir kendaraan
- Mushola, di atas gunung ada alakadarnya.
- Kamar mandi / MCK di atas gunung ada.
- Penginapan di bawah gunung.
- dll

Yang wajib diperhatikan
  • Jangan buang sampah sembarangan, ambil sampah dan masukan ke kantong.
  • Jangan berbicara yang nyeleneh dan tidak sopan karena disana ada makam keramat Mbah Raden Suryakencana dan Mbah Jongrang Kalipitung.
  • Bawa obat anti nyamuk jika akan berkemah di sana.
  • Waktu sepi di hari senih hingga kamis, selain itu biasanya rame dan kadang tidak kebagian tempat untu mendirikan tenda.
  • Demi keselamatan sebaiknya pendakian jangan diwaktu hujan karena jalan akan licin.
Gimana? Mernarik gak berwisata ke Gunung Lembu? Ditunggu komentarnya ya!

Sekian pembahasan Gunung Lembu Purwakarta, Pemandangan Alam Yang Wonderfull, semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kolam Renang Tirta Harapan Munjuljaya Purwakarta

Kolam Renang Cek Tse Long Wanayasa Purwakarta

Tempat Wisata Ziarah di Purwakarta Yang Wajib Dikunjungi