Tempat Wisata Ziarah di Purwakarta Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Purwakarta - Pada kesempatan kali ini akan bahas hal yang berbeda dari biasanya. Yaitu Tempat-tempat wisata ziarah di Purwakarta yang direkomendsikan untuk di ziarahi.

Purwakarta selain terkenalnya dengan tempat wisata alamnya juga sangat terkenal dengan tempat-tempat yang biasa dikunjungi untuk diziarahi, bahkan purwakarta terkenal dengan kota Wali.

Setiap harinya tempat ziarah sangat ramai dikunjungi oleh peziarah baik dalam maupun luar kota bahkan luar provinsi. Manasajakah tempat ziarah yang wajib dikunjungi di kota Purwakarta? beriut penjelasannya di bawah ini:

1. Makam Syekh Baing Yusuf

Syekh Baing Yusuf bin Djajanegara (Jayanegara) atau nama lengkap H. Mochammad Joseoef bin Raden Djajanegara merupakan tokoh agama yang sangat berpengaruh baik nasional bahkan (menurut saya/admin) internasional, beliau adalah guru daripada Syekh Nawawi Al Bantani yang terkenal dengan kitab-kitab kuningnya yang tersebar di Indonesia maupun luar negri yang konon bermukim di Arab Saudi yang telah menjadi Ulama terkemuka di sana dan menjadi pengarang kitab yang kitab-kitabnya tersebar di berbagai belahan dunia. Belaulah Syekh Baing Yusuf gurunya daripada Syekh Nawawi Al Bantani berada di Purwakarta.

Alamat
Alamat makamnya tepat berada di belakang Masjid Agung Purwakarta, dekat alun-alun Purwakarta. Di belakang Masjid Agung terdapat banyak makam-makam lainnya atau disebut pemakaman umum, dan diantara makam-makam itu ada satu makam yang di bangun sebuah bangunan 20 x 12 m. Anda tinggal memasukinnya kedalam bangunan tersebut dan di sana akan menemukan makam yang menggunakan kulambu warna putih sangat mencolok dibandingkan dengan makam-makam lainnya yang ada di dalam bangunan tersebut.


Rute ke Makam Syekh Baing Yusuf
Keluar tol ciganea belok kiri ke arah kota Purwakarta, terus lurus hingga akan menemukan bunderan Parcom (Parapatan Combro) dari bunderan belok kiri, sekitar 2 Km dari bunderan akan menemukan belokan ke kanan menuju Alun-alun Purwakarta, dan belok kanan, sekitar 2 Km anda akan menemukan Alun-alun dan belokan ke kenan ke mesjid agung.

Parkir
Untuk mobil bus parkir di depan LP (lembaga permasyarakatan) tepat pinggir jalan, untuk mobol kecil dan motor parkir di area masjid agung dan alun alun.

2. Makam Mama Tubagus Ahmad Bakri Sempur

Ayekh Tubagus Ahmad Bakri Sempur merupakan ulama sufi yang kharismatik dizamannya hingga kini walaupun telah tiada. Belau murid kesayangannya Syekh Kholil Bangkalan Madura. Kewaliannya dan khoariknya sangat namapk dan terkenal semasa beliau masih hidup. Beliau memiliki pesantren namanya Pesantren Sempur dengan murid yang tidak sedikit hingga saat ini eksistensi pesantren masih berjalan diteruskan oleh cucu-cucunya.

Para peziarah hampir setiap hari ada yang berkunjung ke sana. Terutama saat haul, peziarah akan sangat banyak hingga sulit bagi pengendara mendapatkan tempat untuk parkir, bahkan hingga Plered.

Alamat
Berada di Sempur, Kecamatan Plered. Sekiar 5 Km dari Alun-alun/Kecamatan Plered.

Rute
Keluar tol Ciganea belok menuju arah Bandung, melewati Sukatani (Pasar Anyar Sukatani) terus hingga sampai pada Cianting akan menemukan belok kanan ditandai dengan marka jalan ke arah Plered, Belok kanan hingga menuju ke Alun-alun Plered atau pasar Plered. Di pasar Plered ada belokan ke kanan, tepat samping KAMPOENG MARANGGI, slanjutnya ikuti arah jalan tersebut jangan belok-belok lurus saja hingga sekitar 5 Km anda akan sampai ke Sempur ditandai dengan banyaknya pedagang di punggir-pinggir. Atau bertanyalah dimana letak Makam Mbah TB Ahmad Bakri.

Parkir
Lokasi parkir berada di pinggir jalan. Sementara untuk ke makam hanya berjalan kaki sekitar 100 meter.

Jika sedang haul kemungkinan anda akan kesulitan untuk parkir dekat lokasi, carilah tempat aman di mana saja sebelum lokasi makam, ikuti dengan robongan peziarah yang lain.

NB:
Bagi yang rencana berziarah Admin menawarkan jasa perjalanan untuk ziarah anda baik Jakarta, Banten, sekitar Jawa Barat, Lampung maupun ziarah wali songo atau hingga ke Bali. Demi kenyamanan berziarah anda percayakan pada kami untuk mengurus perjalanan anda, baik untuk Bus Pariwisata, akomodasi, konsumsi dll, kami menawarkan paket All in One, jika anda panitia tentu tidak ribet lagi ngurus-ngurus keberangkatan hingga biaya-biayanya. Dijami Murah!

Hubungi SMS/WA/Telepon di 089655008485.

Itulah beberapa tempat Ziarah di Purwakarta, bagi anda yang hendak berziarah ke maqom para Wali baik di Jakarta, Bogor, Banten, Cianjur dan sekitarnya sempatkan untuk berziarah ke Maqom yang telah di bahas di atas.

Komentar

  1. 3 Destinasi Wisata Murah di Bandung Selatan yang Bikin Liburanmu Tak Terlupakan!
    https://www.jaditau.id/wiskul/8708692000/3-destinasi-wisata-murah-di-bandung-selatan-yang-bikin-liburanmu-tak-terlupakan

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahka komentar di bawah artikel blog TEMPAT WISATA PURWAKARTA

Postingan populer dari blog ini

Kolam Renang Tirta Harapan Munjuljaya Purwakarta

Kolam Renang Cek Tse Long Wanayasa Purwakarta